RSS

Tips Agar Baju Tetap Awet


Hai..mau berbagi saran nih sama kalian...para cewek yang suka banget sama fashion...
Berikut ini step yang perlu diperhatikan oleh kamu semuanya....


1. Simpan Baju Dalam Keadaan Bersih

Usahakan baju setelah dipakai segera dicuci, jangan membiarkan baju-baju dalam kondisi tidak bersih terlalu lama. Kotoran yang melekat di baju yang kotor dapat menimbulkan jamur yang bisa membuat baju terlihat kusam dan tidak cerah. Simpan baju dalam keadaan kering dan sudah diseterika rapi. Karena jika tidak diperhatikan proses pengeringannya, dapat mempengaruhi aroma baju dan lama-lama akhirnya baju akan berjamur.


2. Perhatikan Proses Pencucian

Khusus baju berbahan silk, chiffon, satin dan kain berbahan lembut lainnya, sebaiknya jangan dicuci di mesin cuci. Lebih baik menggunakan sabun khusus untuk kain yang lembut. Selain itu, proses pencucian juga lebih baik menggunakan tangan dan jangan merendam baju terlalu lama. Jangan terlalu keras memeras baju karena dapat menyebabkan sobeknya kain atau jahitannya. Harus berhati-hati dalam perawatannya agar kain bisa awet.


3. Bedakan Warna Baju Saat Pencucian

Jangan mencampur baju berwarna yang mudah luntur dengan baju putih. Terutama baju baru berwarna baru yang rentan luntur saat perendaman pertama. Kalau baju putih terlanjur luntur, secepatnya berikan pemutih. Rendam pada bagian yang luntur saja, bagian yang lain tidak perlu dimasukkan.


4. Beri Nafas Untuk Baju.

Dimana kita menyimpan baju juga sangat berpengaruh untuk 'kesehatan baju'. Setelah baju diseterika rapi, usahakan dsimpan di lemari kayu yang berpori-pori dan bisa bersirkulasi, agar baju tidak apek. Kalaupun kita mau membungkusnya dengan plastik, berikanlah tusukan lubang kecil-kecil agar baju bisa bernafas dengan baik.


5. Hindarkan Dari Ngengat

Binatang yang satu ini sangat mudah hinggap dan mengincar baju yang kotor dan bergelantungan. Untuk alasan ini juga kenapa kita harus segera mencuci dan menyimpan baju dalam keadaan kering dan bersih. Karena jika kita menyimpan baju dalam keadaan kotor, noda makananserta keringat yang melekat pada baju akan menimbulkan datangnya ngengat dan jamur di baju kita.


6. Tambahkan Kamper

Berikan beberapa kamper dalam lemari atau tempat menyimpan baju. Selain berguna untuk menjaga aroma baju, kamper juga sangat efektif menjaga baju dari gangguan ngengat yang akan melubangi baju kita. Tapi, jangan terlalu banyak memberikan kamper di baju-baju kita. Tidak bagus juga.


7. Perhatikan Suhu Ruangan

Usahakan menyimpan baju pada suhu yang tidak terlalu lembab. Suhu lembab akan menyebabkan pakaian kita bau. Akhirnya, jika baju yang disimpan di tempat yang lembab, penggunaan kamper meskipun terlalu banyak tidak akan ada gunanya dan sia-sia.


8. Jemur baju yang jarang dipakai

Baju pesta, gaun dan kebaya adalah baju yang jarang sekali dipakai. Untuk baju-baju yang tidak setiap hari dipakai dan penggunaanya hanya dalam momen-momen tertentu, ada baiknya bila sesekali di keluarkan dari tempat penyimpanan. Angin-anginkan baju di udara terbuka, hal ini akan mengurangi kelembaban dan tumbuhnya jamur pada baju


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar