RSS

Aliran Dalam Seni Rupa

Aliran-aliran dalam seni rupa adalah sebagai berikut :

1. Romantisme


Romantisme, karya seninya lebih mengarah ke tema alam. Latar belakangnya muncul akibat adanya revolusi industri. Tokohnya yaitu hegel pada tahun 1770 - 1831.

2. Ekspressionisme

Ekspresionisme menampilkan ekspresi yang spontan didasarkan pemikiran atau pemahaman religius. Latar belakang dipelopori oleh eduard Munch pada pada tahun 1900 - 1906 akibat dari seni rakyat tradisional. Tokoh-tokoh lain yang terkenal yaitu van gogh dengan warna-warna yang berani. Dan gaughin dengan distorsi orang yang besar dan gemuk.


3. Kubisme

Kubisme adalah aliran yang melihat kubus sebagai unsur dasar yang membentuk tiap benda yang ada di alam. Latar belakang pada tahun(1882) munculnya aliran ini dimulai dari penilaian para juri dan kritikus seni yang menolak karya Braque, yang mendasarkan karyanya pada pemahaman pendekatan perceptual ke pendekatan konseptual. Latar belakang berkembang sekitar tahun 1914 hingga 1920. Merupakan pengaruh kubisme yang berkembang di rusia dan aliran seni ini merupakan pelopor alias pembaruan. Tokohnya adalah El Lissitky.


4. Surrealisme

Surrealisme adalah gambaran yang didapat dalam keadaan seperti mimpi. Latar belakang mulai munculnya tahun 1924. Sumber inspirasi surrealisme didapatkan dari ahli psikologis yang memiliki pemikiran bahwa mimpi dan alam sadar ada di dalam manusia. Tokoh-tokohnya adalah andre bretton, giorgio de Chirico, Max Ernst, Rere Margritte, Juan Miro, Salvador Dali.


5. Dada

Dada adalah aliran seni anti estetis dan anti art yang melatarbelakangi adalah kelompok seni ini pada dasarnya disebabkan kekecewaan mereka terhadap penderitaan umat manusia akibat perang dunia pertama. Mereka beranggapan bahwa bencana itu disebabkan oleh pengagungan berlebih terhadap logika dan rasionalisme.
Tokoh di New York dikembangkan oleh Duchamp pada tahun 1887 - 1968. Pada perkembangannya, Dada dianggap sebagai penemu montage fotografi.
Artinya menggabungkan gambar atau foto untuk sebuah susunan yang menghasilkan pengertian berbeda dari sebelumnya. Tokoh montage adalah Hannah Hoch Heartfield.


6. De Stijl

Definisi adalah aliran seni yang representasional, tidak ilustratid ataupu naratif.
Latar belakang pada tahun 1917 - 1931. Merupakan nama dari sebuah majalah seni di belanda. Dan terdapat aliran neo Plasticisme artinya lebih menekankan pada garis lengkung. Tokohnya adalah Mondrian.


7. Pointilisme

Definisinya yaitu menggunakan titik-titik dalam membentuk sebuah obyek lukisan.


8. Realisme

Definisinya yaitu kecenderungan didalam seni lukis untuk berusaha meniru benda bentuk yang ada di alam nyata semirip mungkin. Pada awal perkembangannya, seni lukis realisme adalah tujuan utama untuk mendapatkan lukisan yang indah. Tokohnya yaitu Gustave Courbet (1819-1877)


9. Abstraksi

Definisinya adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Abstraksi berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya.


10. Naturalisme

Definisi adalah aliran paling populer dalam seni lukis. Aliran ini menyajikan bentuk objek sesuai kenyataan sebenarnya. Banyak menyajikan tema-tema alami. Tokohnya adalah Raden Saleh.


11. Futurisme

Futurisme adalah bagaimana menangkap unsur gerak dan kecepatan dalam lukisan. Futurisme juga mendukung perkembangan tipografi sebagai unsur ekspresi dalam desain.
Latar belakang dimulainya pada tahun 1909. Gerakan ini terinspirasi dari kehidupan yang berubah menjadi moderen berkat teknologi mesin yang menghasilkan unsur gerak dan kecepatan sebagai unsur sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di abad 20.
Tokoh dalam futurisme adalah Filippo Marinetti, Glacomo Balla, Ardengo Soffici dan Stephane Mallarine.


12. Konstruktivisme

Konstruktivisme adalah definisi estetika yang berkaitan dengan bentuk dan bidang geometris kinetik.
Latar belakang berkembangnya sekitar tahun 1914 - 1920. Dan merupakan pengaruh kubisme yang berkembang di rusia. Aliran seni ini merupakan pelopor aliran pembaruan.
Tokohny adalah El Lissitzky.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar